Sabtu, 11 April 2015

SOSIALISASI 1




Nama : Yulita Kusumaningrum NIM  : 1801383783
Lokasi Kegiatan :
"SDN Panunggangan 10" 
Jl. H.R. Rasun Said Kp. Sawah Dalam
Kel. Panunggangan Utara, Kec. Pinang, Kota Tanngerang
Hari / Tanggal : Jumat, 10 April 2015
Nama Kelompok : Remaja Peduli Lingkungan


Sosialisasi 1 








Sosialisasi pertama kami adakan pada tanggal 10 April 2015. Pukul 10.00 kami berkumpul di lobby BINUS Alam Sutera untuk membungkus hadiah yang akan kami bagikan pada saat sosialisasi nanti. hadiah tersebut berupa permen, marshmallow, dan alat tulis seperti buku, penggaris, pulpen, pensil, dsb. 

Hadiah


Pada Pukul 12.30 kami bergegas menuju SDN Panunggangan 10 yang berlokasi tidak jauh dari kampus Binus Alam Sutera.  Setibanya kami disana, kami langsung mengadakan sosialisasi. Kami diberikan waktu dan tempat untuk menympaikan sosialisasi di seluruh kelas 4 SDN Panunggangan10. 

Hadiah






Dikarenakan terbatasnya waktu yang diberikan, maka kami hanya melakukan sosialisasi di 2 kelas saja. Materi yang kami sampaikan berupa, arti kebersihan menurut diri sendiri, cara menjaga kebersihan dan lingkungan, pengelompokan sampah, dsb. 

Untuk mencairkan suasana, maka kami mengadakan sedikit Ice Breaking yaitu membuat slogan berupa "Masih Buang Sampah sembarangan? Capek deehh..." 
dan mengadakan games berupa pertanyaan seputar kebersihan. 

Pada awalnya kami tidak begitu menemukan banyak sampah di SDN Panunggangan 1. Namun kebiasaan anak SD yang suka membuang sampah di kolong meja sepertinya masih ada. Kami pun mengajak mereka untuk mengecek kolong meja mereka dan membuang sampah yang ada. 


Sosialisasi berjalan dengan lancar, saya pun tidak bisa berhenti tersenyum melihat tingkah laku anak SD yang masih begitu lucu. hehe. 

Berikut Dokumantasi foto sosialisasi :


Menjawab Pertanyaan

Melihat Sampah Di Kolong Meja




















Nilai Pancasila yang dapat diambil  dari sosialisasi ini adalah :


  • Sila ke- 2 tentang Nilai Kemanusiaan
    Dimana kami merasa bahwa sosialisasi merupakan wujud menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yaitu saling peduli terhadap sesama manusia. Dengan keinginan untuk mewujudkan karakter bangsa yang lebih baik lagi dengan diawali kepedulian terhadap lingkungan sekitar. 

  • Sila Ke- 5 tentang Gotong Royong
    Makna sila ke-5 salah satunya adalah mengembangkan perbuatan luhur dan mencerminkan sikap kekeluargaan dan gotong royong.
    Sosialisasi Kebersihan merupakan salah satu bentuk pencerminan terhadap sikap atau perbuatan yang luhur atau baik untuk menjaga lingkungan sekitar dalam kesatuan NKRI. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar