Sabtu, 11 April 2015

SOSIALISASI & Bersih - Bersih 2




Nama : Yulita Kusumaningrum
 
NIM  : 1801383783
Lokasi Kegiatan :
"SDN Panunggangan 10" 
Jl. H.R. Rasuna Said Kp. Sawah Dalam
Kel. Panunggangan Utara, Kec. Pinang, Kota Tangerang
Hari / Tanggal : Sabtu, 11 April 2015
Nama Kelompok : Remaja Peduli Lingkungan



SOSIALISASI 2





Sosialisasi yang kami adakan di hari ke-2 hampir mirip dengan hari pertama. Namun kali ini kami diberikan kesempatan untuk menyampaikan sosialisasi kepada anak kelas 2 SD. Mereka masih terkesan malu pada awalnya. Akhirnya kami mencoba mencairkan susasana dengan melakukan Ice Breaking berupa slogan "Masih Buang Sampah sembarangan? Capek deehh...

Setelah suasana cair dan menjadi tidak kaku, kami pun langsung menyampaikan materi seputar kebersihan, cara menjaganya, dsb. 

Sosialisasi Kali ini kami sertai dengan Bersih-bersih halaman sekolah. Kami mengajak anak kelas 5 SDN Panunggangan 10 untuk berpartisipasi dalam rangka kegiatan bersih-bersih kali ini. 


siswa menjawab pertanyaan yang diberikan



Melihat sampah di kolong meja

Penyerahan Tempat Sampah
Membersihkan kebun sekolah 

Membersihkan Kebun Sekolah

Membersihkan Halaman Sekolah


Pada sosialisasi kali ini, kami meyerahkan Tempat Sampah dan Sabun Cuci tangan kepada SDN Panunggangan 10.

Penyerahan alat kebersihan

Penyerahan alat kebersihan


Nilai Pancasila yang dapat diambil  dari sosialisasi ini adalah :

  • Sila ke- 2 tentang Nilai Kemanusiaan
    Dimana kami merasa bahwa sosialisasi merupakan wujud menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yaitu saling peduli terhadap sesama manusia. Dengan keinginan untuk mewujudkan karakter bangsa yang lebih baik lagi dengan diawali kepedulian terhadap lingkungan sekitar. 

  • Sila Ke- 5 tentang Gotong Royong
    Makna sila ke-5 salah satunya adalah mengembangkan perbuatan luhur dan mencerminkan sikap kekeluargaan dan gotong royong.
    Sosialisasi Kebersihan merupakan salah satu bentuk pencerminan terhadap sikap atau perbuatan yang luhur atau baik untuk menjaga lingkungan sekitar dalam kesatuan NKRI. Kegiatan bersih-bersih dengan mengajak anak SDN Panunggangan 10 untuk berpartisipasi merupakan bentuk kegiatan goting royong untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar