Senin, 20 April 2015

SOSIALISASI & Bersih- Bersih 3



Nama : Yulita Kusumaningrum
NIM : 1801383783
Kelas CB : LC-51
Hari/ Tanggal : Senin / 13 April 2015
Nama Kelompok : Remaja Peduli Lingkungan


Pada hari senin, 13 April 2015 kami mengadakan sosialisasi dan bersih-bersih di area rumah warga sekitar SDN Panunggangan 10. Kami men-sosialisasikan materi tentang kebersihan kepada warga sekitar dan melakukan bersih-bersih dengan cara memungut sampah yang terlihat berserakan. Sosialisasi dan bersih-bersih di sekitar rumah warga kami laksanakan pada pukul 14.00 -15.00.

Kami berpikiran untuk melakukan sosialisasi kepada warga sekitar SDN Panunggangan 10 karena kami melihat area sekitar SD tersebut masih kurang bersih. Pada saat sosialisasi, kami juga mengajak warga untuk ikut serta memungut sampah yang berserakan sebagai aksi nyata peduli lingkungan.

Berikut adalah dokumentasi foto-foto:


Sosialisasi di rumah warga

Sosialisasi di rumah warga

Partisipasi warga sebagai aksi nyata peduli lingkungan

Partisipasi warga

Partisipasi warga


Sosialisasi di rumah warga

Setelah melakukan sosialisasi kebersihan di rumah seorang warga, kami pun melanjutkan kegiatan peduli lingkungan dengan cara memungut sampah besar yang terlihat berserakan di jalan. selain itu kami juga membersihkan selokan kering yang berisi banyak sampah.


Membersihkan jalanan

Membersihkan selokan

Membersihkan Selokan

Membersihkan Halaman Rumah Warga
Nilai Pancasila yang dapat diambil  dari sosialisasi ini adalah :

·         Sila ke- 2 tentang Nilai Kemanusiaan
Dimana kami merasa bahwa sosialisasi merupakan wujud menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yaitu saling peduli terhadap sesama manusia. Dengan keinginan untuk mewujudkan karakter bangsa yang lebih baik lagi dengan diawali kepedulian terhadap lingkungan sekitar. 

·         Sila Ke- 5 tentang Gotong Royong
Makna sila ke-5 salah satunya adalah mengembangkan perbuatan luhur dan mencerminkan sikap kekeluargaan dan gotong royong.
Sosialisasi Kebersihan merupakan salah satu bentuk pencerminan terhadap sikap atau perbuatan yang luhur atau baik untuk menjaga lingkungan sekitar dalam kesatuan NKRI. Kegiatan bersih-bersih dengan mengajak anak SDN Panunggangan 10 untuk berpartisipasi merupakan bentuk kegiatan goting royong untuk menjaga kebersihan lingkungan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar